Administrasi & Supervisi Pendidikan



UAS untuk Jurusan KI
2012/2013
Petunjuk: cermati soal –soal dibawah ini, pilih dua di antara tiga soal untuk anda bahas, silahkan kerjakan di rumah. Referensi yang direkomendasikan sifatnya tidak mutlak, Anda diperkenankan menggunakan referensi yang lain.

  1. Menurut anda, apa saja kendala yang kita hadapi dalam menerapkan Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (MMTP) atau lazim juga disebut Total Quality Manajemen pada sekolah atau madrasah yang ada di kota jambi, ditinjau dari perinsip dan komponen MMTP. Dan bagaimana solusinya? (Lihat Husaini Usman, 2008, Manajemen, Teori Praktik & Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.)
  1. Di negara-negara maju penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berhasil dengan baik. Di negara kita ditemukan berbagai hal yang menghambat. Menurut anda ada apa dengan: komitmen, kesiapan, keterlibatan, kelembagaan, keputusan, kesadaran, kemandirian, dan ketahanan. Para warga sekolah kita dewasa ini? Apakah hal-hal tersebut yang menjadi kendala? (Husaini Usman, 2008, Manajemen, Teori Praktik & Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.)
  1. Supervisi Pendidikan merupakan salah satu unsur yang turut menentukan  peningkatan mutu pendidikan dan mutu lembaga secara keseluruhan. Namun  dalam banyak lembaga pendidikan yang kita temukan, unsur supervisi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Coba saudara telusuri sebab akibatnya dengan menghubungkan perinsip-perinsip supervisi dan fakta kondisi lembaga pendidikan kita? (Pidarta, Made, 2009, Supervisi Pendidikan Kontemporer, Jakarta, Rineka Cipta.-- A. Sagala, Syaiful, 2008, Administrasi Pendidikan Kontemporer,  Bandung, Alfabeta.Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2008, Manajemen Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baju Bodo Bugis