SAP Metode & Strategi Pembelajaran
MATA KULIAH
FAKULTAS
JURUSAN
DOSEN
|
: METODE & STRATEGI PEMBELAJARAN
: ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
: KEPENDIDIKAN ISLAM (KI)
: DR. FADLILAH, M.Pd.
|
No.
|
MATERI
|
Kompetensi
|
1
|
Perkenalan
Penjelasan SAP
Overview Kegiatan
Perkuliahan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memiliki keinginan
untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif
2. Memiliki semangat tinggi untuk mencapai sasaran
kelompok dan individu
|
2
|
Konsep Model,
Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1. Hakikat Model Pembelajaran
2. Hakikat Metode Pembelajaran
3. Hakikat Strategi Pembelajaran
4. Hakikat Pendekatan Pembelajaran
5. Hakikat Pendekatan dan Tenik Pembelajaran
6. Perbedaan antara Model, Metode, Strategi,
Pendekatan dan Teknik Pembelajaran (R5,6,7)
|
3
|
Kekuatan Otak Manusia
|
Setelah mengikuti sesi ini diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1.
Hakikat otak Manusia
2.
Faktor Genetik bukan penyebab bodoh atau pintarnya
seseorang
3.
Usia bukan penghambat
(R2)
|
4
|
Metode Pembelajaran
|
1. Pengertian Metode
Pembelajaran
2. Kedudukan Metode
Pembelajaran
3. Macam-macam Metode
Pembelajaran
4. Kriteria Pemilihan
Metode Pembelajaran (R5,6,7)
|
5
|
Strategi Pembelajaran
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat Memahami :
1.
Pandangan tentang strategi Pembelajaran
2.
Komponen Strategi Pembelajaran
3.
Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran (R5,6,7)
|
6
|
Strategi umum Pembelajaran
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat Melakukan :
1.
Membangun suasa sebelum pelajaran
2.
Mengawali pelajaran dengan baik
3.
Mengakhiri pelajaran dengan berkesan
4.
Menghadqapi keberagaman isi kelas (R3)
|
7
|
Motivasi Belajar
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat Memahami :
1.
Membina hubungan dengan siswa
2.
Mengajar dengan menggunakan Rasa Humor
3.
Cara membuat Pelajaran yang memotivasi
4.
Meningkatkan akuntabilitas (R3)
|
8
|
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat Memahami:
1.
Dukungan Teoretis dan Empiris
2.
Merencanakan dan melaksanakan
3.
Mengelola lingkungan belajar
4.
Assesment dan evaluasi
(R4,5)
|
9
|
Mid Smester
|
|
10
|
Konsep Belajar Aktif
(AKTIF LEARNING)
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1.
Model model belajar
2.
Dimensi sosial belajar
3.
Pentingnya belajar aktif
4.
Inti dan kerangka belajar aktif (R1)
|
11
|
AKTIF LEARNING
Strategi membuat peserta didik aktif sejak dini
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:
PRAKTIK 1
|
12
|
AKTIF LEARNING
Strategi membantu peserta didik memperoleh pengetahuan, sikap, dan
keterampilan secara aktif
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:
PRAKTIK 2
|
13
|
AKTIF LEARNING
Strategi membuat peserta didik aktif sejak dini
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:
PRAKTIK 3
|
14
|
AKTIF LEARNING
Strategi agar pelajaran tidak lupa
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:
PRAKTIK 4
|
15
|
AKTIF LEARNING
Strategi merangsang diskusi kelas
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:
PRAKTIK 5
|
16
|
U A S
|
|
1.Silberman, Mel, 2009,
Active Learning, 101 Strategi
Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Insan
Madani.
2.Rose, Colin dkk, 2007 Super
Accelerated Learning, Bandung,
Jabal.
3.Paterson, Kathy, 2007, 55 Teaching Dilemmas
Sepuluh Solusi Terpilih Unruk Menjawab Tantangan di Kelas, Jakarta, Grasindo.
4.Arends, Ricahrd,l,
2008, Learning to Teach, Belajar Untuk Mengajar, Yogyakarta, Pustaka
Pelajar.
5.Nata, Abuddin, 2011, Perspektif Islam Tentang
Strategi Pembelajaran, Jakarta,
Kencana.
6.B. Uno, Hamzah, 2011,
Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan
Efektif, Jakarta, Bumi
Aksara.
7.Hamalik, Oemar, 2013,
Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
|
Komentar