SAP Ilmu Pendidikan 2013


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN              : MATEMATIKA

Kuliah
MATERI
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
1
Perkenalan
Penjelasan SAP
Overview Kegiatan Perkuliahan
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memiliki keinginan untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif
2. Menyusun strategi belajar
3. Memiliki semangat tinggi untuk mencapai sasaran individu
2
Konsep Pendidikan
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memahami pengertian pendidikan secara luasa dan sempit.
2. Membedakan tujuan pendidikan berdasarkan pengertiannya.
3. Faktor-faktor Pendidikan.
3
Perinsip-perinsip Pendidikan

Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memahami  Perinsip-perinsip Penddikan
2. Menjelaskan kembali idealisme yang terkandung dalam perinsip –perinsip pendidikan.
3. Membangun suasana belajar berdasarkan perinsip pendidikan.
4
Fungsi  dan  Peranan Pendidikan

Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1.Menjelaskan fungsi pendidikan secara umum
2. Menjelaskan kembali peran ganda pendidikan.
3. Merefleksi posisi diri sebagai bagian dari proses pendidikan.
5
Urgensi Pendidikan


Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
Menjelaskan Pandangan Pendidikan tentang manusia sebagai animal educandum:
a. Hakikat Manusia
b. Batas-batas kemungkinan pendidikan
c. Dimensi-dimensi hakikat manusia.
6
Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH)
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:memahami:
1.    Mengapa PSH diperlukan.
2.    Kerangka kerja teoretis PSH.
3.   Pandangan Islam tentang PSH
7
Fungsi dan Peranan Lembaga Pendidikan
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:memahami fungsi dan peranan:
1.   Lembaga Pendidikan Keluarga.
2.   Lembaga Pendidikan Sekolah.
3.   Lembaga Pendidikan sekolah
8
Landasan dan azas Pendidikan
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:memahami:
4.   Beberapa landasan pendidikan
5.   Azas-azas pendidikan
9
Mid Semester

10
Aliran-aliran Pendidikan
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1.    Aliran klasik dan gerakan baru dalam Pendidikan.
2.    Dua aliran pokok pendidikan di Indonesia

11
Pendidikan sebagai sebuah sistem

Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami :
1.    Sistem kehidupan yang berpengaruh terhadap sistem pendidikan.
2.    menjelaskan keterkaitan antar subsistem dalam sistem pendidikan.
3.    memberikan gambaran tentang keharusan memandang pendidikan secara menyeluruh.
12
Sistem Pendidikan Nasional
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1.    Dasar dan tujuan Pendidikan Nasional
2.   Kedudukan pendidikan agama dalam sistem pendidikan nasional.
3.   Visi dan misi pengelolaan pendidikan Agama di Indonesia.
13
Pendidikan Sebagai Proses Pembudayaan
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
6.   Makna tradisi lisan dalam pendidikan
7.   Peningkatan apresiasi bud.ya dalam proses pendidikan
14
Permasalahan Pendidikan 
(Bagian I)
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1.   Jenis Permasalahan Pokok Pendidikan
2.   Faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan
15
Permasalahan Pendidikan  (Bagian II)
Setelah mengikuti sesi ini diharapkan mahasiswa dapat memahami:
Permasalahan aktual pendidikan dan penanggulangannya.
16
UAS

Referensi
  1. Mudyaharjo, ,Redja, Pengantar Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.
  2. Tirtaraharja, Umar dan La sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008.
  3. Hafid, Anwar dkk, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2013.
  4. Achmadi, Ideologi Pendidikan Isla, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005.

Komentar

Roihana mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Postingan populer dari blog ini

Baju Bodo Bugis