SAP Ilmu Pendidikan 2013
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : ILMU PENDIDIKAN
Kuliah
|
MATERI
|
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
|
1
|
Perkenalan
Penjelasan SAP
Overview Kegiatan
Perkuliahan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memiliki keinginan
untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif
2. Menyusun strategi belajar
3. Memiliki semangat tinggi untuk mencapai sasaran
individu
|
2
|
Konsep Pendidikan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memahami pengertian pendidikan
secara luasa dan sempit.
2. Membedakan tujuan
pendidikan berdasarkan pengertiannya.
3. Faktor-faktor
Pendidikan.
|
3
|
Perinsip-perinsip Pendidikan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memahami Perinsip-perinsip
Penddikan
2. Menjelaskan
kembali idealisme yang terkandung dalam perinsip –perinsip pendidikan.
3. Membangun
suasana belajar berdasarkan perinsip pendidikan.
|
4
|
Fungsi dan Peranan
Pendidikan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1.Menjelaskan fungsi pendidikan secara umum
2. Menjelaskan kembali peran ganda pendidikan.
3. Merefleksi posisi diri sebagai bagian dari proses pendidikan.
|
5
|
Urgensi Pendidikan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat :
Menjelaskan Pandangan Pendidikan tentang manusia sebagai animal
educandum:
a. Hakikat Manusia
b. Batas-batas kemungkinan pendidikan
c. Dimensi-dimensi hakikat manusia.
|
6
|
Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH)
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:memahami:
1. Mengapa PSH diperlukan.
2. Kerangka kerja teoretis
PSH.
3. Pandangan Islam tentang
PSH
|
7
|
Fungsi dan Peranan Lembaga Pendidikan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:memahami fungsi
dan peranan:
1. Lembaga Pendidikan
Keluarga.
2. Lembaga Pendidikan
Sekolah.
3. Lembaga Pendidikan
sekolah
|
8
|
Landasan dan azas Pendidikan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat:memahami:
4.
Beberapa landasan pendidikan
5.
Azas-azas pendidikan
|
9
|
Mid Semester
|
|
10
|
Aliran-aliran Pendidikan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1. Aliran klasik dan
gerakan baru dalam Pendidikan.
2. Dua aliran
pokok pendidikan di Indonesia
|
11
|
Pendidikan sebagai sebuah sistem
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami :
1. Sistem kehidupan yang
berpengaruh terhadap sistem pendidikan.
2. menjelaskan
keterkaitan antar subsistem dalam sistem pendidikan.
3. memberikan
gambaran tentang keharusan memandang pendidikan secara menyeluruh.
|
12
|
Sistem Pendidikan Nasional
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1. Dasar dan
tujuan Pendidikan Nasional
2. Kedudukan
pendidikan agama dalam sistem pendidikan nasional.
3. Visi dan misi
pengelolaan pendidikan Agama di Indonesia.
|
13
|
Pendidikan Sebagai Proses Pembudayaan
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
6.
Makna tradisi lisan dalam pendidikan
7.
Peningkatan apresiasi bud.ya dalam proses pendidikan
|
14
|
Permasalahan Pendidikan
(Bagian I)
|
Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami:
1. Jenis
Permasalahan Pokok Pendidikan
2. Faktor-faktor
yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan
|
15
|
Permasalahan Pendidikan (Bagian II)
|
Setelah mengikuti sesi ini diharapkan mahasiswa dapat memahami:
Permasalahan aktual pendidikan dan
penanggulangannya.
|
16
|
UAS
|
Referensi
- Mudyaharjo, ,Redja, Pengantar Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.
- Tirtaraharja, Umar dan La sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008.
- Hafid, Anwar dkk, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2013.
- Achmadi, Ideologi Pendidikan Isla, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005.
Komentar